Warga Kampung Bayam Undang Ridwan Kamil Duduk Bersama: Jangan Cuma Janji - detik

 

Warga Kampung Bayam Undang Ridwan Kamil Duduk Bersama: Jangan Cuma Janji

Jakarta 

-

Bacagub Jakarta, Ridwan Kamil (RK), berjanji akan mencari solusi hunian warga Kampung Susun Bayam. Di sisi lain, warga berharap RK mau duduk bersama untuk memahami permasalahan sebenarnya.

"Sah saja. Kalau berjanji itu semestinya Ridwan Kamil untuk mencalonkan sebagai Gubernur DKI Jakarta bukan hanya dengan mengomentari. Kalau dia tahu permasalahan Kampung Bayam, ya seharusnya duduk bersama dengan warga Kampung Bayam, khususnya Kelompok Tani Kampung Bayam Madani," kata perwakilan warga Kampung Susun Bayam, Furqon, kepada wartawan, Jumat (6/9/2024).

Furqon memandang RK tak perlu repot-repot menyiapkan hunian layak bagi warga. Menurutnya, yang semestinya diselesaikan adalah polemik Kampung Susun Bayam (KSB) yang tak kunjung bisa dihuni warga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kalau Ridwan Kamil bilang akan membangunkan hunian yang layak, kan itu di JIS sudah dibuatkan huniannya (KSB), ada tempat tinggalnya, ada perkebunannya," jelasnya.

"Seharusnya nggak usah repot-repot membangunkan lagi, tinggal memfasilitasi tempat yang sudah ada dan itu adalah haknya warga Kampung Bayam, ya kembalikan kepada warga Kampung Bayam," tambahnya.

Furqon juga menilai RK mestinya melakukan pendekatan kepada warga jika ingin menuntaskan berbagai permasalahan yang ada di perkampungan di Jakarta. Sebagai warga, Furqon juga ingin memastikan keseriusan RK dalam menyelesaikan polemik yang bergulir.

"Kita kan nggak tahu Pak Ridwan Kamil dan yang lainnya komitmennya seperti apa begitu, ini kan kita nggak tahu. Ya bukan hanya janji-janji, jangan-jangan cuma hanya janji dan dia akan memenuhi suara aja, terus kita dibiarkan begitu saja, ya repot," ucapnya.

"Ini sangat penting dalam mendapatkan kepastian karena ini bicara ruang hidup," sambungnya.

Sebelumnya, RK menyoroti polemik Kampung Susun Bayam antara warga dan Pemprov DKI Jakarta. RK mengatakan akan mencarikan solusi agar warga Kampung Bayam berhak tinggal dengan nyaman di Jakarta.

"Poinnya saya nggak bisa spesifik, satu, permasalahan ya, tujuannya sila ke-5 keadilan sosial. Jadi keadilan sosial itu artinya semua difasilitasi, menengah-bawah negara hadir, nanti diturunkan pada pola-pola," kata RK kepada wartawan di Setu Babakan, Jakarta Selatan (Jaksel), Rabu (4/9) lalu.

RK mengaku memiliki pengalaman mengatasi hal ini saat menjadi Wali Kota Bandung. Jika terpilih, RK akan mencarikan solusi agar warga tersebut bisa tinggal di Jakarta dengan nyaman.

"Saya juga pernah melakukan hal yang sama waktu jadi wali kota. Yang penting rakyat Jakarta punya rumah, tempat berteduh. Masalahnya tetap di situ atau geser sedikit atau pindah, yang penting mereka berhak tinggal di kota ini dengan nyaman aman, kita carikan solusinya," jelasnya.

RK berjanji akan cepat mempelajari soal polemik Kampung Bayam. RK mengatakan juga akan mengunjungi warga Kampung Bayam.

"Karena saya baru, saya akan pelajari Kampung Bayam, ini-itu, ini-itu. Percayalah, saya cepat belajar, nanti kita ada sesi khusus kepada spesifik-spesifik isunya. (Ke Kampung Bayam) saya akan ke semua titik, insyaallah, akhirnya paham apa yang harus dikerjakan," tutupnya.

Simak juga Video: Anies soal Wacana Duet dengan Kaesang: Lebih Penting Bahas Kampung Bayam

(taa/dnu)

Baca Juga

Komentar

Informasi Indonesia - Terbaru - Google Berita