PKB Ungkap Alasan Cak Imin Akan Lepas Jabatan Ketum 5 Tahun Lagi - Kompas

 

PKB Ungkap Alasan Cak Imin Akan Lepas Jabatan Ketum 5 Tahun Lagi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Syaiful Huda mengungkapkan alasan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akan melepas jabatan Ketum PKB pada tahun 2029 mendatang.

Menurut Huda, mundurnya Cak Imin 5 tahun lagi hanya demi transformasi kepemimpinan PKB saja.

"Ya bagi seorang politisi kan enggak ada judul rehat. Tidak ada judul berhenti ngambil napas. Semua perjalanan napas. Ini lebih kepada konteks kepemimpinan PKB saja," ujar Huda saat dihubungi Kompas.com, Selasa (10/9/2024).

Baca juga: Cak Imin Sebut Ketua Harian PKB Bisa Diisi Kader Muda dan Baru

Huda menjelaskan, Cak Imin menghendaki ada transformasi yang perlu dipercepat dalam tubuh PKB.

Maka dari itu, kata dia, Cak Imin akhirnya menyampaikan periode 2024-2029 merupakan periode terakhirnya memimpin PKB.

"Jadi kayaknya Cak Imin menghendaki ada transformasi yang perlu dipercepat di dalam tubuh PKB. Termasuk di dalamnya adalah transformasi kepemimpinan. Sampai akhirnya beliau menyatakan ini periode 5 tahun terakhir," tuturnya.

Baca juga: Cak Imin Sebut 2024-2029 Jadi Periode Terakhirnya Memimpin PKB

Sementara itu, saat ditanya apakah Cak Imin mundur karena merasa sudah terlalu lama memimpin PKB, Huda membantah.

Menurut Huda, yang terpenting bagi pemimpin adalah prestasinya, bukan soal durasi memimpinnya.

"Ya kepemimpinan itu bukan soal lama, tapi prestasi. Kalau berprestasi ya yang tadinya 5 tahun berasanya cuma 2 tahun," imbuh Huda.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengungkapkan bahwa 2024-2029 adalah periode terakhirnya memimpin partai politik tersebut.

Baca juga: Cak Imin Sebut PKB Akan Go Public, Tidak Hanya untuk Warga NU

Cak Imin, sapaan akrabnya, menyebutkan bahwa PKB sedang dalam masa transisi untuk menjadi partai politik yang lebih terbuka dan melakukan regenerasi kepemimpinan dengan kader-kader muda.

“Karena masa transisi PKB go public, ya kira-kira 5 tahun ini terakhir saya akan memimpin,” ujar Cak Imin kepada wartawan, Minggu (8/9/2024).

Saat ini, Cak Imin mengaku sedang menyiapkan kader-kader muda yang akan dilibatkan dalam kepengurusan PKB untuk periode 2024-2029.

Harapannya, PKB bisa menjadi partai yang bisa menyerap aspirasi para generasi muda, sekaligus menyesuaikan diri dengan situasi politik pada masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca Juga

Komentar

Informasi Indonesia - Terbaru - Google Berita