KPU: Tiga Paslon Pilgub Jatim 2024 Sehat dan Bebas Narkoba - Cnnindonesia

 

KPU: Tiga Paslon Pilgub Jatim 2024 Sehat dan Bebas Narkoba

Surabaya, CNN Indonesia 

--

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menyatakan tiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jatim yang berkontestasi di Pilgub Jatim 2024, telah lolos tes kesehatan jasmani dan rohani.

"Kesimpulan pemeriksa tim kesehatan yang telah dibentuk oleh pihak RSUD dr Soetomo itu menyimpulkan dari tiga paslon yang dilakukan pemeriksaan untuk kesehatan jasmani dan rohaninya dianggap mampu," kata Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi di RSUD dr Soetomo Surabaya, Senin (2/9).

Ketiga bakal paslon itu, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak (Khofifah-Emil), Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta (Risma-Gus Hans) dan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim (Luluk-Lukman), juga dinyatakan tidak terindikasi penyalahgunaan narkotika.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Aang menyampaikan, tiga bakal paslon telah melaksanakan rangkaian tes kesehatan mulai hari Kamis (29/8) hingga Minggu (1/9). Tes itu ditangani oleh tim kesehatan sebanyak 120 dokter di RSUD dr Soetomo Surabaya.

"Yang pertama diperiksa di tanggal 29 itu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur atas nama Ibu Khofifah-Emil. Kemudian di tanggal 31-nya itu dilakukan pasangan calon yang mendaftar di hari terakhir di jam 19.00 WIB yaitu Ibu Risma dan Gus Hans," jelasnya.

"Sedangkan pasangan calon yang mendaftar paling akhir di jam 22.00 WIB itu ada Ibu Luluk dan Lukman itu kemudian diperiksa untuk psikotest di tanggal 31. Kemudian di hari berikutnya dilakukan pemeriksaan fisik," katanya

Sementara itu, Komisioner KPU Jatim Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas), Nur Salam mengatakan, hasil tes kesehatan ini akan diumumkan secara resmi kepada para paslon pada tanggal 5-6 September 2024.

"Nanti secara tahapan-tahapan kita akan umumkan sesuai tanggal 5-6 sebenarnya kaitannya dengan administrasi soal hasil tes kesehatan," pungkasnya.

Seperti diketahui Pilgub Jawa Timur 2024 diikuti oleh tiga bakal pasangan calon (paslon). Yang pertama ialah duet petahana Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak (Khofifah-Emil).

Mereka diusung oleh koalisi besar 15 partai. Yakni PAN, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP, PSI, PKS, Perindo, Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora, PBB, PKN, Partai Garuda dan Partai Prima (tak lolos verifikasi).

Kedua, pasangan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta (Risma-Gus Hans) yang diusung PDIP dan Hanura. Lalu ketiga, pasangan yang diusung PKB Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim (Luluk-Lukman).

(frd/isn)

Baca Juga

Komentar

Informasi Indonesia - Terbaru - Google Berita