Bocoran Jebolan SMA Taruna Nusantara Bakal Isi Jabatan Menteri Kabinet Prabowo - Gibran, AHY Aman - Halaman all - Tribun-timur

 

Bocoran Jebolan SMA Taruna Nusantara Bakal Isi Jabatan Menteri Kabinet Prabowo - Gibran, AHY Aman - Halaman all - Tribun-timur

TRIBUN-TIMUR.COM - Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah, disebut akan mengisi kabinet Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo, saat dialog nasional peningkatan Sumber Daya Manusia untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045 digelar Universitas Podomoro.

Hashim Djojohadikusumo menyebutkan ada sekitaran empat orang jebolan SMA Taruna Nusantara akan mengisi jabatan menteri.

Namun Hashim enggan membocorkan nama-nama lulusan SMA Taruna Nusantara yang akan mengisi jabatan menteri.

Apalagi salah satu menjadi perhatian Prabowo Subianto mengisi pos menteri adalah pendidikan.

SMA Taruna Nusantara menjadi satu dari sekian contoh sekolah yang mencetak anak bangsa berprestasi.

Baca juga: PDIP Enggan Jadi Oposisi Pemerintah? Elit Gerindra Bocorkan Prabowo dan Megawati Segera Bertemu

 "Sekolah Taruna (Nusantara) ini luar biasa. Nanti jadi sumber jenderal-jenderal itu sekolah di Magelang. Saya dengar akan jadi ada beberapa sekolah lagi di Bandung, di Malang, Sumatera juga ada, di Makassar juga?" tutur dia.

Beberapa orang dekat Prabowo diketahui merupakan lulusan SMA Taruna Nusnatara.

Termasuk yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Nama-nama itu mayoritas berasal dari Partai Gerindra dan Demokrat.

Sementara AHY mengakui memang sudah terjalin pembicara antara dirinya dengan Prabowo terkait dengan posisi menteri di lima tahun mendatang.

Ketua Umum Partai Demokrat itu menyatakan komunikasi antara dirinya dengan Prabowo sudah berjalan dengan baik meski pembahasannya tidak setiap saat.

 "Sudah (ada komunikasi terkait posisi menteri), komunikasi kami berjalan dengan baik, reguler, walaupun tidak setiap saat tentunya," kata AHY saat ditemui awak media di Kantor DPP Partai Demokrat, Senin (9/9/2024).

Dirinya hanya menegaskan bahwa di beberapa kesempatan ia selalu berdialog dengan Prabowo dan beberapa pimpinan partai politik lain di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Meski kata Menteri ATR/BPN itu, tidak semua pembahasan terkait dengan urusan posisi atau jabatan.

"Tetapi yang jelas dalam berbagai kesempatan kami berdialog, tapi yang saya senang kami dialognya itu tidak hanya berurusan dengan posisi atau jabatan yang akan diberikan ke Partai Demokrat atau partai-partai lainnya, tapi banyak sekali tentang visi besar, gagasan, bagaimana beliau ingin Indonesia ini makin kuat," ujar AHY.

Ia mengungkap pembahasan yang selama ini dilakukan di internal KIM dengan Prabowo adalah terkait dengan visi bangsa Indonesia.

Sebab menurut dia, siapapun nantinya yang terpilih sebagai menteri di kabinet Prabowo-Gibran harus memiliki kesamaan visi dan misi sebagai pembantu di pemerintahan.

"Kalau para pembantu presiden memahami betul visi-visi pemimpinnya, saya rasa kerja-kerja di lapangan akan lebih fokus, lebih serius, dan juga tepat sasaran," ujarnya.

Berikut lulusan SMA Taruna Nusantara yang berada di sekeliling Prabowo.

Berikut lulusan SMA Taruna Nusantara dekat Prabowo Subianto:

1. Sugiono

Sugiono adalah alumni SMA Taruna Nusantara angkatan ke-5. Saat ini, ia menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra.

Dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, Prabowo memperkenalkan Sugiono sebagai salah satu anak muda dalam tim kampanye yang diberi nama kesatria Jedi.

Dikutip dari website Fraksi Partai Gerindra DPR RI, Sugiono dianggap sebagai kader ideologis Prabowo.

Ia disebut memiliki kesamaan pandang dengan mantan Danjen Kopassus itu.

Sinyal Sugiono bakal mengisi kabinet Prabowo juga pernah disampaikan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Dalam acara pelantikan Amir Uskara sebagai Wakil Ketua MPR RI, 8 Maret 2024, Bamsoet menyebut Sugiono sebagai Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab).

"Saudara-saudara, wakil fraksi yang hadir saya lihat ada Pak Sugiono, calon menteri kabinet yang akan datang," celetuk Bamsoet.

“Oh, Sekretaris Kabinet. Barang kali sudah diubah nanti," sambungnya.

Sebelum menjadi politikus, Sugiono pun sempat menjadi anggota Kopassus dengan pangkat terakhir Letnan Satu. Kala itu, ia juga menjadi sekretaris pribadi Prabowo.

Kemudian, Sugiono menempuh pendidikan sarjana teknik komputer di Norwich University, Amerika Serikat.

Selama di Amerika, Sugiono juga mengambil pendidikan militer di universitas yang sama.

2. Agus Harimurti Yudhoyono

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga berpeluang untuk mengisi kabinet Prabowo-Gibran.

Ia juga merupakan alumni SMA Taruna Nusantara angkatan ke-5, sama seperti Sugiono.

AHY sendiri sempat menjadi ketua Osis dan lulusan terbaik di angkatannya.

Saat ini, putra sulung Presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu sudah menduduki jabatan sebagai Menteri Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Prabowo sendiri dalam kampanyenya di Pilpres 2024 lalu, pernah menyampaikan secara terbuka bakal memberikan posisi strategis pada AHY jika memenangkan kontestasi.

“Jika Prabowo dan Gibran diberi mandat (menjadi presiden dan wakil presiden 2024-2029), AHY akan saya beri tugas yang sangat penting dan strategis," ujar Prabowo di Stadion Gajayana, Kota Malang, Jawa Timur, 1 Februari 2024.

3. Prasetyo Hadi

Satu angkatan di bawah Sugiono dan AHY adalah Prasetyo Hadi yang merupakan alumni SMA Taruna Nusantara angkatan ke-6.

Saat ini, Pras menjabat sebagai Ketua Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (OKK) DPP Partai Gerindra. Ia juga duduk sebagai anggota Komisi II DPR RI.

Pras sering menjadi figur yang bertugas mengorganisasi berbagai acara-acara Partai Gerindra yang dihadiri oleh Prabowo.

Peran itu juga diambilnya saat Prabowo gencar melakukan kampanye pemenangan Pilpres 2024.

Saat ini, bersama Sugiono, Pras juga duduk dalam struktur kepemimpinan Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN).

Pras menjadi Wakil Ketua LPTTN dan Sugiono sebagai ketuanya.

Dikutip dari website Fraksi Partai Gerindra DPR RI, Pras merupakan lulusan Konservasi dan Sumber Daya Hutan Universitas Gadjah Mada (UGM).

4. Sudaryono

Sudaryono juga merupakan alumni SMA Taruna Nusantara angkatan ke-11.

Sama seperti SugionoSudaryono juga bagian dari kesatria Jedi, tim pemenangan Prabowo di Pilpres 2014 yang diisi anak muda.

Selain itu, Sudaryono juga pernah menjadi sespri Prabowo. Saat ini, ia telah duduk di Kabinet Indonesia Maju, menjadi Wakil Menteri Pertanian (Wamentan).

Sudaryono merupakan Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah (Jateng).

Ia sempat menjajaki langkah untuk menjadi bakal calon gubernur di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jateng 2024 sebelum akhirnya dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, 18 Juli 2024.

Sebelum bergabung dengan Partai Gerindra, Sudaryono juga mengenyam pendidikan di National Defense Academy of Japan pada tahun 2004-2009.

Ia juga menduduki jabatan sebagai Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), pada saat ini.

Baca Juga

Komentar

Informasi Indonesia - Terbaru - Google Berita